Ilmu komunikasi adalah ilmu yang mempelajari
tentang tata cara berkomunikasi serta menggunakan berbagai alat komunikasi
sebagai sarana berkomunikasi dalam masyarakat baik anatara individu dengan
individu, individu dengan kelompok atau kelompok dengan kelompok. Kita
tidak bisa untuk tidak berkomunikasi. Segala hal yang kita lakukan, dalam
tujuan apapun, tentu memerlukan proses komunikasi. Proses menyampaikan pesan
dari komunikator (penyampai pesan) kepada komunikan (penerima pesan) melalui
suatu media atau cara hingga akhirnya menimbulkan suatu efek atau timbale
balik. Ilmu Komunikasi terbagi menjadi 4 periode
yaitu :
1. Tradisi
Retorika, dimulai sejak zaman Yunani Kuno
2. Periode
antara tahun 1900 Perang Dunia ke-2 yang juga bisa disebut dengan periode Pertumbuhan
Ilmu Komunikasi
3. Periode
setelah Perang Dunia ke-2 samapi tahun 1960an. Periode ini biasanya disebut
periode kosolidasi
4. Periode
Teknologi Komunikasi yang dimulai sejak tahun 1960 sampai sekarang.
Dari ke-4 periode diatas komunikasi terus
mengalami peningkatan, baik dari segi medianya ataupun tata cara berkomunikasi
itu sendiri. Seiring dengan berkembangnya zaman komunikasi pun juga dituntut
untuk ikut berselaras, seperti yang kita lihat di zaman modern sekarang ini
komunikasi bisa dilakukan dimana saja dan kapan saja dengan mudah meskipun pada
jarak yang sangat berjauhan sekalipun. Berbeda dengan komunikasi yang dilakukan
nenek moyang kita pada zaman dahulu. Mereka hanya menggunakan simbolik simbolik
tertentu untuk menyampaikan pesan kepada sanak saudara yang jauh.
Ilmu Komunikasi hadir untuk menyelaraskan
perkembangan zaman karna didalamnya memuat berbagai unsur tentang tata cara
berkomunikasi dengan baik dan benar. dalam jurusan ilmu komunikasi ada 4
jurusan
1. Public Relation, disini di belajartentang hubungan suatu perusahaan dengan
masyarakat prospek kerjanya public relation, event organiser, management
artis, public speaker, dll.
2.
Advertising,
disini belajar tentang periklanan, buat iklan, ngak harus bisa gambar, karena
bisa pake komputer, yang penting kreatif.
Prospek
kerjanya: semua yang ada di advertising agency (bagian media,bagian
creative,dll).
3.
Marketing,
disini belajar tentang marketing/pemasaran tapi lebih ke komunikasinya..
prospek kerjanya : marketing, public speaker,sales ,dll.
prospek kerjanya : marketing, public speaker,sales ,dll.
4.
Mass Communication, disini belajar tentang broadcasting, mulai dari bikin script buat
radio ato berita, trus cara bikin film, cara editing,cara jadi presenter,
sutradara, kameramen,dll.
prospek
kerjanya : yang ini banyak, hampir semua bidang komunikasi bisa jadi pekerjaan
yang lulus dari jurusan mass communication, karena di mass communication
mempelajari tentang public relation, advertising dan marketing juga.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar