Rabu, 08 Juli 2015

Ilmu Komunikasi



Ilmu komunikasi adalah ilmu yang mempelajari tentang tata cara berkomunikasi serta menggunakan berbagai alat komunikasi sebagai sarana berkomunikasi dalam masyarakat baik anatara individu dengan individu, individu dengan kelompok atau kelompok dengan kelompok. Kita tidak bisa untuk tidak berkomunikasi. Segala hal yang kita lakukan, dalam tujuan apapun, tentu memerlukan proses komunikasi. Proses menyampaikan pesan dari komunikator (penyampai pesan) kepada komunikan (penerima pesan) melalui suatu media atau cara hingga akhirnya menimbulkan suatu efek atau timbale balik.  Ilmu Komunikasi terbagi menjadi 4 periode yaitu :
1.      Tradisi Retorika, dimulai sejak zaman Yunani Kuno
2.      Periode antara tahun 1900 Perang Dunia ke-2 yang juga bisa disebut dengan periode Pertumbuhan Ilmu Komunikasi
3.      Periode setelah Perang Dunia ke-2 samapi tahun 1960an. Periode ini biasanya disebut periode kosolidasi
4.      Periode Teknologi Komunikasi yang dimulai sejak tahun 1960 sampai sekarang.
Dari ke-4 periode diatas komunikasi terus mengalami peningkatan, baik dari segi medianya ataupun tata cara berkomunikasi itu sendiri. Seiring dengan berkembangnya zaman komunikasi pun juga dituntut untuk ikut berselaras, seperti yang kita lihat di zaman modern sekarang ini komunikasi bisa dilakukan dimana saja dan kapan saja dengan mudah meskipun pada jarak yang sangat berjauhan sekalipun. Berbeda dengan komunikasi yang dilakukan nenek moyang kita pada zaman dahulu. Mereka hanya menggunakan simbolik simbolik tertentu untuk menyampaikan pesan kepada sanak saudara yang jauh.
Ilmu Komunikasi hadir untuk menyelaraskan perkembangan zaman karna didalamnya memuat berbagai unsur tentang tata cara berkomunikasi dengan baik dan benar. dalam jurusan ilmu komunikasi ada 4 jurusan
1.      Public Relation, disini di belajartentang hubungan suatu perusahaan dengan masyarakat prospek kerjanya public relation, event organiser, management artis, public speaker, dll.
2.      Advertising, disini belajar tentang periklanan, buat iklan, ngak harus bisa gambar, karena bisa pake komputer, yang penting kreatif.
 Prospek kerjanya: semua yang ada di advertising agency (bagian media,bagian creative,dll).
3.      Marketing, disini belajar tentang marketing/pemasaran tapi lebih ke komunikasinya..
prospek kerjanya : marketing, public speaker,sales ,dll.
4.      Mass Communication, disini belajar tentang broadcasting, mulai dari bikin script buat radio ato berita, trus cara bikin film, cara editing,cara jadi presenter, sutradara, kameramen,dll.
prospek kerjanya : yang ini banyak, hampir semua bidang komunikasi bisa jadi pekerjaan yang lulus dari jurusan mass communication, karena di mass communication mempelajari tentang public relation, advertising dan marketing juga.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar